BAB 7 CONSUMER ATTITUDE (SIKAP KONSUMEN)

Posted: April 7, 2011 in Perilaku Konsumen

Summarized by Sylvani Nugraha (Majoring in Management, The Faculty of Economic and Management – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)

 

SIKAP —–> Evaluasi dari seseorang

KARAKTERISTIK SIKAP

1). Sikap memiliki objek

2). Konsistensi sikap

3). Sikap positif, negatif, netral

4). Resistensi sikap

5). Persistensi sikap

6). Keyakinan sikap

7). Sikap dan situasi

FAKTOR SIKAP DAN STRATEGI MENGUBAH SIKAP KONSUMEN

1). Fungsi Utilitarian : seseorang menyatakan sikapnya terhadap suatu objek atau produk karena ingin memperoleh manfaat dari                                                         produk  atau karena menghindari dari produk.

2). Fungsi Mempertahankan Ego : Sikap berfungsi untuk melindungi seseorang dari keraguan yang muncul dari dalam dirinya                                                                                        sendiri atau dari faktor luar yang mungkin menjadi ancaman bagi dirinya.

3). Fungsi Ekspresi Nilai : Sikap berfungsi untuk menyatakan nilai-nilai, gaya hidup, dan identitas sosial seseorang.

4). Fungsi Pengetahuan : Keingintahuan adalah salah satu karakter konsumen yang penting. Selalu ingin mengetahui  banyak hal                                                               merupakan kebutuhan konsumen.

5). Kombinasi beberapa fungsi : Strategi mengubah sikap sering dilakukan dengan cara memaparkan beberapa fungsi sikap untuk                                                                             menarik perhatian konsumen, sehingga mereka terdorong untuk mengubah sikapnya.

6). Mengasosiasikan produk dengan sebuah kelompok atau peristiwa : berbagai kelompok atau peristiwa nasional dan                                                                                                                                                                                 internasional sering menumbuhkan sikap positif                                                                                                                                                                               konsumen terhadap kelompok atau peristiwa                                                                                                                                                                                     tersebut.

7). Memecahkan konflik dua sikap yang berlawanan : Konsumen sering kali memiliki dua sikap yang berlawanan terhadap                                                                                                                                        suatu produk.

8). Mengubah evaluasi relatif terhadap atribut : Suatu produk seringkali dikenal oleh konsumen karena popularitas atributnya                                                                                                                   yang memiliki fungsi yang spesifik atau dikenal karena situasi pemakaiannya                                                                                                                     yang khas.

9). Mengubah Kepercayaan Merek : Para produsen berkewajiban untuk selalu mengingatkan konsumen bahwa produksnya                                                                                                adalah produk yang lebih baik atau terbaik, sehingga konsumen memiliki sikap positif yang                                                                                        permanen dan konsisten terhadap produk tersebut.

10). Menambahkan Sebuah Atribut pada Produk : Strategi mengubah sikap konsumen bisa dilakukan dengan cara                                                                                                                                                 memberikan atribut baru kepada produk.

11). Mengubah Penilaian Merek Secara Menyeluruh : Salah satu cara lain untuk megubah sikap konsumen terhadap produk                                                                                                                                    atau merek adalah dengan membangun sikap positif secara keseluruhan                                                                                                                                terhadap suatu merek.

12). Mengubah kepercayaan terhadap Merek Pesaing : strategi lain untuk mengubah sikap adalah dengan cara mengubah                                                                                                                                          sikap atau kepercayaan konsumen terhadap merek pesaing.

 

 

Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku konsumen : Teori & Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior : Theory & Application in Marketing)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s