BAB 2 MOTIVATION AND NEEDS (MOTIVASI DAN KEBUTUHAN)

Posted: April 6, 2011 in Perilaku Konsumen

Summarized by Sylvani Nugraha (Majoring in Management, The Faculty of Economic and Management – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)


MOTIVASI

—-> Muncul karena adanya kebutuhan

KEBUTUHAN

Kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan (state of tension) antara yang SEHARUSNYA dirasakan dan SESUNGGUHNYA dirasakan.

MOTIVASI —–> dampaknya adalah

(1) Pilihan kriteria (2) Persepsi (3) Proses Informasi (4) Sikap (5) Pembelajaran dan Memori (6) Niat

ASAS MOTIVASI

1. Mengikutsertakan: konsumen diberi kesempatan untuk mengemukakan ide dan rekomendasi dalam pengambilan keputusan

2. Komunikasi : Menginformasikan tujuan yang ingin dicapai, cara mengerjakan , kendala

3. Pengakuan : penghargaan

4. Wewenang yang didelegasikan

5. Perhatian timbal balik

KEBUTUHAN :

1. Faktor diri sendiri ….. Innate needs ….. Primary needs ….. makanan, air, udara, rumah, seks

2. Faktor luar…. Aqcuired needs ….. (1) Self esteem (2) Prestige (3) Affection (4) Power

FAKTOR MANFAAT

1. Kebutuhan Utilitarian : Mendorong konsumen beli produk karena fungsinya

2. Kebutuhan Hedonik : Kebutuhan psikologis  (puas, gengsi, emosi)

TUJUAN : ada karena adanya kebutuhan

—–> Generik : tujuan dipandang suatu cara untuk memenuhi kebutuhan Ex : Ingin membeli rumah supaya aman

——> Produk : Khusus —-> membeli dengan produk tertentu sebagai tujuan

TEORI KEBUTUHAN

  • MASLOW : “Manusia berusaha memenuhi kebutuhan tingkat rendahnya terlebih dahulu untuk mencapai                                   tingkat tinggi”

Kebutuhan Fisiologis (makanan, air, udara) —-> Kebutuhan rasa aman, keamanan                                                (perlindungan, peraturan UU) —–> Kebutuhan Sosial ( Dihormati, berteman , rasa memiliki ) ——> Kebutuhan Ego  (status, percaya diri, harga diri ) , Aktualisasi Diri ( Sukses, kuasa )

  • MC. CLELLAND

1. Kebutuhan untuk sukses : Keinginan manusia untuk mencapai prestasi, reputasi, karier yang baik

2. Kebutuhan afiliasi : Keinginan untuk membina hubungan baik dengan sesama, terlibat aktif berbagai kegiatan sosial

3. Kebutuhan kekuasaan : Keinginan seseorang untuk bisa mengontrol lingkungannya

MOTIVASI DAN STRATEGI PEMASARAN

  • POSITIONING
  • ANALISIS LINGKUNGAN
  • RISET PASAR
  • MARKETING MIX
  • SEGMENTASI

Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour : Theory and Application in Marketing)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s