BAB 1 PRELIMINARY (PENDAHULUAN)

Posted: April 6, 2011 in Perilaku Konsumen

Summarized by Sylvani Nugraha (Majoring in Management, The Faculty of Economic and Management – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)

PEMASAR MEMAHAMI KONSUMEN :

1. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen

2. Selera

3. Bagaimana ia mengambil Keputusan

PETER DAN AUSTIN DALAM ENGEL,BLACKWELL,MINIARD :

“Dalam sektor publik / swasta , perusahaan besar/kecil , kami mengamati bahwa hanya ada dua cara untuk menciptakan dan mempertahankan prestasi unggul dalam waktu yang lama. Pertama : beri perhatian luar biasa kepada pelanggan lewat pelayanan yang unggul. Kedua : teruslah berinovasi”

KONSUMEN :

1. Konsumen Individu : Membeli barang dan jasa untuk digunakan sendiri. Ex : beli barang dan jasa untuk sendiri, keluarga,souvenir,untuk teman.

2. Konsumen Organisasi : Organisasi bisnis, lembaga sosial, kantor pemerintah. Ex: pabrik mie beli bahan baku

PERILAKU KONSUMEN:

Semua kegiatan , tindakan, serta psikologi yang mendorong tindakan pada saat membeli , ketika membeli, menggunakan , menghabiskan, produk/jasa setelah mengevaluasi.

HAKIKAT PERILAKU KONSUMEN :

WHY DO CONSUMERS DO, WHAT THEY DO”

– What they bu?

– Why they buy it ?

-When they buy it ?

-Where they buy it?

– How often they buy it?

– How often they use it?

PEMASARAN ( PERILAKU KONSUMEN )

1. Para pemasar harus memahami konsumen

2. Mempelajari bagaimana mereka berperilaku

3. Bagaimana mereka bertindak

4. Mempengaruhi perilaku konsumen : mempengaruhi konsumen agar mau memilih produk

MANFAAT STUDI PERILKON

1. Merancang bauran pemasaran

2. Menetapkan segmentasi

3. Merumuskan Positioning dan pembedaan produk

4. Mengembangkan riset pemasaran

5. Memformulasikan analisis lingkungan

PENDIDIKAN DAN PERLINDUNGAN

YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) —- > lembaga sosial yang kegiatan utamanya mendidik dan melindungi konsumen dari praktik bisnis yang merugikan.

KEBIJAKAN MASYARAKAT DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN

—> Dilakukan oleh Pemerintah dan DPR

—-> Melakukan intervensi untuk melindungi konsumen

SEJARAH PERILAKU KONSUMEN

1960 ……. GEORGE KATONA : Bapak Ekonomi Psikologi

……………..ROBERT FERBER : Ekonom yang menerapkan Prinsip Ekonomi dan psikologi

………………JOHN A HOWARD : Membuat Pengambilan keputusan konsumen

Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour : Theory and Application in Marketing)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s