BAB 6 CONSUMER KNOWLEDGE (PENGETAHUAN KONSUMEN)

Posted: March 30, 2011 in Perilaku Konsumen

Summarized by Sylvani Nugraha (Majoring in Management, The Faculty of Economic and Management – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)

PENGETAHUAN KONSUMEN ?

Semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.

JENIS PENGETAHUAN

  1. Pengetahuan Deklaratif : fakta subjektif yang diketahui oleh seseorang
  2. Pengetahuan Subjektif   : informasi yang benar mengenai kelas produk yang disimpan di dalam memori jangka panjang konsumen.

TINGKAT PENGETAHUAN PRODUK

Pengetahuan produk : kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk.

Kelas produk : tingkat pengetahuan produk yang paling luas yang meliputi bentuk, merk, atau model.

JENIS PENGETAHUAN PRODUK:

  1. Pengetahuan Atribut Produk : seorang konsumen melihat produk tersebut berdasarkan karakteristik atau ciri dari produk tersebut
  2. Pengetahuan Manfaat Produk : Konsumen mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan karena mengetahui manfaat produk tersebut bagi kesehatan tubuhnya. Manfaat yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahannya adalah memperlancar buang air besar.

DUA JENIS MANFAAT

1. Manfaat Fungsional : manfaat yang dirasakan konsumen secara fisiologis

2. Manfaat Psikososial : aspek psikologis (perasaan, emosi, dan mood), aspek sosial (persepsi konsumen terhadap bagaimana pandangan orang lain terhadap dirinya) yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk.

SEGMENTASI MANFAAT

Manfaat suatu produk  dapat dijadikan dasar untuk melakukan  segmentasi pasar (benefit segmentation). Sebagian konsumen menggunakan pewarna rambut untuk menutupi ubannya, namun sebagian menggunakannya agar ia bisa tampil beda dengan warna rambut yang berbeda.

PERSEPSI RESIKO

Manfaat negatif yang dirasakan oleh konsumen disebut juga sebagai resiko yang akan didapat oleh konsumen atau tidak mengkonsumsi suatu produk.

Peter dan Olson (1999) mendefinisikan perceived risk sebagai konsekuensi yang tidak diinginkan dan konsumen ingin menghindari risiko tersebut, yang muncul akibat pembelian suatu produk.

Semakin besar persepsi resiko semakin banyak informasi yang dicari konsumen sebelum melakukan pembelian suatu produk.

PERSEPSI RESIKO

1. Risiko Fungsi : risiko karena produk tidak berfungsi seperti yang diharapkan

2. Risiko Keuangan : kesulitan keuangan yang dihadapi konsumen setelah dia membeli suatu produk / jasa .

3. Risiko Fisik : dampak negatif yang akan dirasakan konsumen karena menggunakan suatu produk.

4. Resiko Psikologis : perasaan, emosi atau ego yang akan dirasakan oleh konsumen, karena mengkonsumsi , membeli , atau menggunakan suatu produk.

5. Resiko Sosial : persepsi konsumen mengenai pendapat terhadap dirinya dari orang-orang sekelilingnya karena membeli suatu produk / jasa

6. Resiko Waktu : waktu yang sia-sia yang akan dihabiskan konsumen karena mengkonsumsi suatu produk atau jasa.

7.Resiko Hilangnya Kesempatan : kehilangan kesempatan untuk melakukan hal lain karena konsumen menggunakan, membeli , atau mengkonsumsi suatu produk dan jasa

PENGETAHUAN PEMBELIAN
Menurut Engel, Blacwell dan Miniard (1995) pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko tersebut, dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut.

Pengetahuan Pembelian dan Perilaku Membeli, Peter dan Olson (1999) menguraikan perilaku membeli, perilaku membeli memiliki urutan sebagai berikut: store contact, product contact, dan transaction.

PENGETAHUAN PEMAKAIAN
Suatu produk akan memberikan manfaat jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen. Produsen berkepentingan untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian produk.
Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour : Theory and Application in Marketing)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s