BAB 4 INFORMATION PROCESSING AND CONSUMER PERCEPTION (PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI KONSUMEN)

Posted: March 28, 2011 in Perilaku Konsumen

Summarized by Sylvani Nugraha (Majoring in Management , The Faculty of Economic and Management– Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)

 

 

Pengolahan informasi pada diri konsumen terjadi ketika salah satu pancaindera konsumen menerima  input dalam bentuk stimulus.

Stimulus merupakan input apapun yang datang dari pemasar yang disampaikan kepada konsumen melalui berbagai media seperti:

(1) toko, (2) iklan luar ruang, (3) televisi,(4) koran, (4) majalah. Stimulus akan dirasakan oleh satu atau lebih pancaindera konsumen.

Lima Tahap Pengolahan Informasi :

  • PEMAPARAN : Pemaparan stimulus , yang menyebabkan konsumen menyadari stimulus melalui panca indera.
  1. Sensasi –> respon langsung dan cepat dari pancaindera terhadap stimulus yang datang.
  2. Ambang absolut –> jumlah minimum intensitas atau energi stimulus yang diperlukan oleh seorang konsumen agar ia                   merasakan sensasi
  3. Ambang berbeda –> batas perbedaan terkecil yang dapat dirasakan antara dua stimulus yang mirip. Formulasi model Weber DI = I x K.
  • PERHATIAN –> kapasitas pengolahan yang dialokasikan konsumen terhadap stimulus yang masuk.
  1. Faktor pribadi : karakteristik konsumen yang muncul dari dalam diri konsumen yaitu motivasi, kebutuhan, dan harapan
  2. Faktor stimulus : dikontrol dan dimanipulasi oleh pemasar dan pengiklan. Faktor ini terdiri dari : (1)  Ukuran (2) Warna (3) Intensitas (4) Kontras (5) Posisi (6) Petunjuk (7) Gerakan (8) Kebauran (9) Isolasi (10) Stimulus yang disengaja (11) Pemberi Pesan yang Menarik (12) Perubahan Gambar yang Cepat
  • PEMAHAMAN : interpretasi terhadap makna stimulus.
  • PENERIMAAN : dampak persuasif stimulus kepada konsumen
  • RETENSI : pengalihan makna stimulus dan persuasi ke ingatan jangka panjang (long term memory)

 

Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour : Theory and Application in Marketing)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s